Sabtu, 29 Maret 2014

Artikel Biologi - Putri Malu



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui struktur morfologi pada tumbuhan putri malu.
2.      Mengetahui macam gerak pada tumbuhan putri malu dan proses berlangsungnya.
3.      Mengetahui perbedaan gerak pada tumbuhan putri malu.  

B.     Latar Belakang
Tanaman putri malu atau dalam bahasa latin bernama Mimosa Pudica, makahiya (Filipina, berarti "malu"), mori vivi (Hindia Barat), nidikumba (Sinhala, berarti "tidur"), mate-loi (Tonga, berarti "pura-pura mati"). Kata pudica dalam bahasa Latin berarti "malu" atau "menciut". Putri malu berasal dari daerah Amerika Selatan, atau lebih tepatnya dari Negara Brasil. Di Brasil, tanaman putri malu sudah dikenal sejak tahun 1804. Tanaman ini termasuk pada jenis tanaman liar, karena pertumbuhannya liar dan tidak terpelihara.
Tanaman ini sangat mudah terkejut apabila mendapat sentuhan sedikit saja. Bila diraba, daunnya akan merunduk atau menutup, seolah-olah seorang putri yang kelihatan malu-malu bila disentuh oleh sang pangeran. Tetapi, apabila tidak disentuh, daun putri malu tidak akan merunduk atau menutup. Karena itulah, tanaman ini disebut sebagai tanaman putri malu, selain nama itu, tanaman ini juga dikenal oleh sebagian orang dengan sebutan sikejut. Karena tanaman ini mudah terkejut apabila mendapat sentuhan atau rangsangan dari luar.
 Tanaman putri malu juga akan menguncup saat matahari terbenam dan akan merekah kembali setelah matahari terbit.  

C.    Permasalahan
1.      Tanaman putri malu adalah tanaman liar, lalu, bagaimana putri malu dapat menyesuaikan dengan lingkungannya? Dan bagaimana struktur morfologi tumbuhan putri malu?
2.      Mengapa tanaman putri malu menutup daunnya secara otomatis ketika disentuh?
3.      Saat matahari terbenam, putri malu menguncup dan merekah kembali setelah matahari terbit. Mengapa demikian?

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pemecahan Masalah
1.      Habitat dan Struktur Morfologi Tumbuhan Putri Malu
Putri malu atau dalam bahasa latin disebut Mimosa Pudica adalah tumbuhan dengan ciri daun yang dapat menutup dengan sendirinya saat disentuh dan membuka kembali setelah beberapa lama. Tumbuhan putri malu dapat tumbuh dimana saja dengan begitu suburnya. Putri malu tumbuh secara liar dan tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang khusus misalnya seperti pemupukan atau penyiraman. Tanaman putri malu bisa tumbuh diatas permukaan tanah, baik diatas permukaan tanah yang lembab maupun diatas permukaan tanah yang gersang.
Tanaman putri malu biasanya tumbuh diatas tanah yang lapang, seperti di ladang, di perkebunan, di perkarangan rumah dan pada tempat yang lainnya disekitar kita


Tanaman Putri Malu dapat tumbuh di pekarangan rumah
Selain itu, tanaman putri malu juga termasuk tanaman parasit, karena pertumbuhan putri malu yang sangat cepat dan mengganggu pertumbuhan tanaman lain. 



KLASIFIKASI PUTRI MALU

Jenjang Takson
Putri Malu
Kerajaan
Plantae
Divisi
Magnoliopsida
Ordo
Fabales
Famili
Fabaceae
Upafamili
Mimosoideae
Genus
Mimosa
Spesies
Mimosa Pudica

Struktur Morfologi Putri Malu :
a.      Akar
Putri malu atau sikejut mempunyai akar pena yang sangat kuat berbeda dengan akar-akar tanaman-tanaman lainnya, jika kita cabut langsung terangkat seluruh akar-akar nya.  Akan tetapi lain halnya dengan akar tanaman putri malu, untuk mencabutinya kita memerlukan suatu alat-alat yang khusus agar semua akar-akar nya teracabut.

      Akar Putri Malu

b.      Batang
Batang tumbuhan putri malu berbeda dengan tumbuhan lainnya, yaitu batang putri malu berbentuk bulat. Pada seluruh batangnya terdapat rambut dan mempunyai duri yang menempel , batang tumbuhan putri malu dengan rambut sikat yang mengarah secara miring kepermukaan tanah atau kearah bawah. 

Batang Putri Malu

c.       Daun
Daun putri malu atau sikejut berupa daun majemuk menyirip ganda dua yang sempurna. Jumlah anak daun pada setiap sirip sekitar 5 - 26 pasang. Helaian anak daun berbentuk memanjang sampai lanset, ujung runcing, pangkal memundar, tepi rata. Jika kita raba pada permukaan atas dan bawah daun terasa licin, panjang 6 - 16 mm, lebar 1-3 mm.  daun berwarna hijau, akan tetapi pada tepi daun umumnya berwarna ungu. Jika daun tersentuh akan melipatkan diri, menyirip rangkap.  Sirip terkumpul rapat dengan panjang 4-5,5 cm.

Daun Putri Malu

d.      Bunga
Putri malu biasanya mempunyai bunga yang berbentuk bulat seperti bola dan tidak mempunya mahkota atau kelopak bunga yang besar seperti bunga-bunga yang lain. Akan tetapi kelopak bunga putri malu bentuknya sangat kecil dan bergigi empat seperti selaput putih. Tabung mahkotanya juga berukuran sangat kecil, bertaju empat seperti selaput putih.


Bunga Putri Malu

e.       Buah
Buah putri malu berbetuk polong, pipih seperti garis dan berukuran sangat kecil jika disbandingkan dengan buah-buah tumbuhan lainnya.

Buah Putri Malu

f.       Biji
Sama halnya seperti buah, tanaman putri malu juga memiliki biji, yang berukuran kecil dan bulat, berbentuk pipih. Putri malu termasuk kedalam tumbuhan yang berbiji tertutup (Angiospermae) dan berkembangbiak dengan biji.

Biji Putri Malu

2.      Tumbuhan Putri Malu yang menutup daunnya ketika disentuh
Tumbuhan putri malu akan menutup daunnya ketika disentuh, hal ini disebabkan oleh gerak seismonasti yaitu, gerak pada tumbuhan karena adanya rangsangan berupa getaran atau sentuhan. Perlakuan sentuhan yang berbeda, pengaruhnya juga akan berbeda. Jika sentuhan halus, proses menutupnya lambat. Bila disentuh dengan sedang, reaksinya agak cepat menutup. Dan jika disentuh dengan kasar, reaksinya akan cepat menutup daun dan tangkainya. Gerak seismonasti ini, termasuk gerak nasti, yaitu, gerak pada tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi arah rangsang.  Reaksi atau gerak seismonasti terjadi akibat perubahan yang tiba-tiba dalam keseimbangan air yang terjadi pada bantal daun yang kehilangan tekanan air sehingga daun maupun tangkai mengatup.

Gerak Seismonasti Putri Malu

3.      Tumbuhan putri malu yang menguncup ketika matahari terbenam dan merekah kembali, setelah matahari terbit
Peristiwa ini terjadi karena gerak niktinasti, yaitu, gerak pada tumbuhan karena rangsang gelap. Selain disebabkan oleh rangsangan gelap, gerak “tidur” daun tersebut dapat terjadi akibat perubahan tekanan turgor di dalam persendian daun. Pengamatan niktinasti pada tumbuhan putri malu, yaitu dengan menyimpan putri malu di tempat terang atau terbuka dan membandingkannya dengan putri malu yang diletakkan di tempat tertutup atau kedap cahaya. Pada tumbuhan putri malu yang berada di tempat kedap cahaya, daun-daun putri malu tersebut mulai mengatup. Hal-hal yang menyebabkannya sama seperti yang terjadi pada saat gerak tidur pada tumbuhan putri malu. Tujuan putri malu mengatupkan daunnya ialah sebagai alat untuk pertahanan diri dan hewan-hewan yang akan mengkonsumsinya dan untuk melindungi simpanan airnya dan penguapan yang dikarenakan oleh angin.

BAB III
             PENUTUP

A.    Kesimpulan
Tumbuhan putri malu adalah tumbuhan yang liar dan dapat hidup dimana saja. Tumbuhan putri malu termasuk tumbuhan parasit, karena dalam pertumbuhannya, putri malu mengganggu pertumbuhan tanaman lainnya.
Ciri-ciri morfologi tumbuhan putri malu adalah daun berupa daun majemuk menyirip ganda dua yang sempurna, umumnya tepi daun berwarna ungu. Batang bulat, berambut, dan berduri tempel. Akar berupa akar pena yang kuat. Bunga berbentuk bulat seperti bola, bertangkai, berwarna ungu/merah. Buah berbentuk polong, pipih seperti garis. Biji yang termasuk ke dalam angiospermae atau biji tertutup dan alat perkembangbiakan.
Tumbuhan putri malu memiliki dua macam kepekaan, yakni terhadap sentuhan (seismonasti) dan terhadap rangsangan gelap (niktinasti). Gerak niktinasti dan seismonasti yang dimiliki oleh putri malu tergolong dalam gerak nasti (gerak bagian tumbuhan yang arahnya tidak ditentukan oleh arah datangnya rangsangan).

B. Daftar Pusaka
5. LKS Biologi Optimis semester 2 oleh MGMP IPA SMP Kab. Boyolali 2013/2014
6. Panduan Olimpiade Sains IPA Biologi tingkat SMP & MTs, Sucipto H dan Bambang Irawan, NavPress Indonesia, ISBN 979-98946-9-7

 



4 komentar:

  1. Terima Kasih ata infonya,....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada salah kata

      Hapus
  2. http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/hati-hati-mengeluarkan-paksa-ingus.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/penyebab-kegagalan-operasi-jantung.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/tak-cuma-buat-keamanan-ini-fungsi.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/ini-sosok-hilman-mattauch-yangg.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - Skype : Vip_Domino
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    BalasHapus
  3. http://reretaipan88.blogspot.com/2018/06/asiataipan-taipanqq-taipanbiru-isi.html

    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    BalasHapus